Sirosis hepatis Pada Anak

Category :

Sirosis hepatis adalah bentuk akhir dari kerusakan hati dengan digantinya jaringan yang rusak oleh jaringan fibrotik yang akan menyebabkan penurunan fungsi hati dan peningkatan tekanan portal.
Sirosis merupakan penyakit hati menahun yang difus yang ditandai dengan  adanya pembentukan jaringan ikat disertai nodul.  Biasanya dimulai dengan adanya proses peradangan, nekrosis sel hati yang luas.  Pembentukan jaringan ikat dan usaha regenerasi nodul, akan merubah sirkulasi mikro dan makro menjadi tidak teratur.
Berdasarkan klasifikasi etiologik dari sirosis hepatis, kekurangan nutrisi seperti  protein hewani terutama asam amino kolin, metionin, vitamin B kompleks, tokoferol, kistein atau alfa 1-antitripsin dapat menyebabkan sirosis.  Hepatitis virus, terutama penderita hepatitis B kronik, Virus hepatitis non A non B sering menjadi sirosis hepatis. Bendungan aliran vena hepatika yang dapat terjadi pada penyakit veno oklusif, penyakit perikarditis konstriktif dan sindrom budd-chlari. Zat hepatotoksik dapat pula menjadi pemicu timbulnya sirosis seperti aflatoksin maupun alkohol.  Pengunaan obat-abatan seperti mertotreksat, INH, metildopa. Hematokromatosis baik dapatan maupun kongenital dapat pula menjadi penyebabGangguan imunologis seperti hepatitis lupoid, dan hepatitis kronik aktif dapat sebagai etiologi dari sirosis hepatis.

Download  Sirosis hepatis Pada Anak.doc Disini

0 comments:

Posting Komentar

klik dibawah